CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 10 Desember 2011

LAGU (mistis)

hey helo..
assalamualaikum :)

sekarang malam minggu nih ya. tapi saya malah bengong di rumah. sebenernya dari tadi saya agak terganggu sama lagu-lagu aneh(dangdut) di deket rumah. katanya sih ada acara ulang tahun desa kalo ga salah. baah, rame banget men di luar! tapi bukannya saya ngejekin dangdut loh ya. cuman ini yang bikin lagunya jadi gimanaa gitu tuh penyanyinya itu loh. kesannya dia hiperaktif banget deh nyanyiin lagunya. masa dia sampe teriak-teriak ngotot-ngotot gitu sih, (haalaa biasa aja dong mba. semangat banget)
tapi ya jangan seenaknya nyalahin gini deh ya. kali aja itu tuntutan kerjaannya. yang penting dia dapet uangnya halal. yaudah deh, lupakan si mbak tadi. btw nih ya..kalo ngomongin lagu aneh, kalian ada yang tau lagu 'Gloomy Sunday' gak ?? (pasti ada dong ya)
jadi gini, katanya sih itu lagu bisa menghipnotis orang buat bunuh diri. terus bunuh dirinya  itu ya pas hari minggu. dari judulnya aja udah aneh ya. masa hari minggu di bilang suram sih? kalo saya ni ya...hari minggu itu malah ceraaaah banget. ga peduli walopun aslinya lagi mendung, pokoknya bagi saya minggu = cerah. bayangin deh cuman hari itu doang jie gua nggak ketemu sama fisika, kimia dan lain sebagainya. seneng dong !!

kalo ini emanga agak nyeleneh..
banyak orang di temukan bunuh diri setelah mendengarkan lagu ini.
"Gloomy Sunday" adalah lagu yang disusun oleh pianis dan komposer Rezső Seress dari Hungaria pada tahun 1933 dari sebuah puisi Hungaria yang ditulis oleh László Jávor (judul Hungaria yang asli dari kedua lagu dan puisi "vasárnap Szomorú" (pengucapan Hungaria: somoru [ː vɒʃa ː rnɒp] ), di mana penyanyi mencerminkan kengerian budaya modern.

Meskipun dicatat dan dilakukan oleh banyak penyanyi, "Gloomy Sunday" sangat erat terkait dengan Billie Holiday , yang mencetak versi hit lagu pada tahun 1941. Karena berdasar urban legend sekitar ratusan orang terinspirasi untuk bunuh diri, "Gloomy Sunday" dijuluki sebagai "Lagu Bunuh Diri dari Hungaria" di Amerika Serikat. Seress melakukan bunuh diri pada tahun 1968, menurut desas-desus sebagian besar lagunya banyak yang dilarang diputar di radio, karena memicu bunuh diri, yang sebenarnya disebarkan sebagai bagian kampanye promosi pemasaran yang disengaja. Mungkin karena konteks Perang Dunia Kedua, versi Billie Holiday dilarang oleh BBC.
dan akhirnya laagu gloomy sunday versi asli lama-lama hilang. 
Ada beberapa urban legend tentang lagu itu selama bertahun-tahun, kebanyakan melibatkan hal yang diduga terkait dengan berbagai angka catatan bunuh diri, dan konon jaringan radio bereaksi dengan melarang memutar lagu tersebut. Namun, sebagian besar klaim tidak berdasar.

Pada tahun 1968, Rezső Seress, komposer asli, melompat mati dari apartemennya. Berita kematian-nya di New York Times menyebutnya dan menjadi terkenal karena reputasi lagu: " Budapest, 13 Januari. Lagu penguburan-seperti lagu hit, "Gloomy Sunday" oleh Rezsoe Seres, disalahkan oleh karena memicu gelombang bunuh diri selama tahun 1930-an, termasuk didalamnya dia sendiri. Pihak berwenang mengungkapkan hari itu bahwa Mr Seres melompat dari jendela apartemen kecil di sini Minggu lalu, tak lama setelah ulang tahun 69-nya.

Dekade 1930-an ditandai oleh depresi ekonomi yang parah dan pergolakan politik yang mengarah pada Perang Dunia II. Lagu melankolis yang ditulis oleh Mr Seres, dengan kata-kata ciptaan temannya penyair Ladislas Javor, menyatakan pada akhir hidupnya, "hati saya dan saya telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya." Ini adalah hal terburuk dan meningkatkan tajam kasus bunuh diri, dan pada akhirnya pemerintah Hungaris melarang pemutarannya..

Di Amerika, di mana Paulus Robeson memperkenalkan versi bahasa Inggris, stasiun radio dan klub malam melarang memutarnya juga memainkannya. Mr Seres mengeluh bahwa keberhasilan "Gloomy Sunday" benar-benar meningkatkan ketidakbahagiaannya, karena dia tahu dia tak akan bisa menulis hit kedua. "

lagu ini banyak banget yang  mengarasemen ulang, sampe tahun 2010 pun masih ada men.ini nih orang-orangnya :


 
aje gile, banyak banget ya !!
pengen tau liriknya nggak ?? eh tapi  kasi ga ya? saya bener takut kalo mau copy liriknya disini. terserah deh lo mau bilang gue penakut ato apalah. tapi yang jelas, saya punya alasan kenapa saya agak galau sama lagu ini..

kira-kira jam setengah 9 malam, saya rasanya tuh penasaraaan banget sama lagu ini. dalam hati pengen download, tapi rasanya ada yang bilang 'jangan deh dad, gausah dad' ah karena penasaran akhirnya saya liat lirik versi asli gloomy sunday. kan udah banyak tuh yang liriknya di ganti sama seniman. nah, pas baca kok saya tambah pengen download ya, yaudah deh akhirnya saya beranikan diri download tu lagu.

asli, ati-ati banget ane waktu itu. mulai dari ngeklik "klik here to download" saya udah ragu, tapi akhirnya ya di klik juga. tiba-tibaaaaaaaaa...lo tau ga?? Lo tau ga?? Lo tau gaaa???

"download failed"
loh, kenapa ni?? batinku. karena ga patah arang .saya coba lagi download di tempat lain. teruuss lo tau lagi ga??
"this file has been removed"

wadefuuugg ? ? ? masa sampe situs download lagu sampe hapus lagu ini sih?

terus saya coba di 4shared. dan ternyata bisa jie !!
gue gemeter banget waktu baca di pojok kiri ada pemberitahuan "download complate"
puter ga ya, puter ga ya ,puter ga ya??? katanya kalo di puter 9 kali berturut-turut tanpa lirk (alias instrumen doang) bakal mimipi buruk yang kaya nyata. eh tapi kan ini saya downloadnya bukan instrumen...yodah deh di puter aja. kira-kira jam setengah 10 saya muter itu lagu.. jeng jeng....

Gloomy Sunday with a hundred white flowers...nananna (klik disini lirik penuhnya. saya ga berani nulis hahaha)



awalnya saya kaget. lagunya enak kok. biasa aja. ga serem-serem banget. malah lagunya nge-jazz gimanaa gitu. lama-lama saya kok pengen muter lagi, pengen muter lagi (masa saya mulai ketagihan ya?) karena takut, saat itu juga saya hapus lagu itu. udah cukuup. dari pada saya ga bisa tidur.

sebenernya, lagu ini gapapa kok. asal kamu imannya kuat, ya mana mungkin sampe mau bunuh diri gitu. kan katanya orang yang bunuh diri bakal masuk neraka. ya nggak,??
yaudah, jadi semuanya tergantung kita. maka dari itu, mulai sekarang pertebal iman kalian. biar nanti di akirat kita selamat.

tapiiii masalahnya, saya sekarang masih kebayang-bayang lagunya. aaaaa!!!!


well, enough up here dulu yahh. byee..
ati-ati lo, besok udah hari minggu....gloomy sunday  ..hhiiii

hahahaa.



0 komentar:

Posting Komentar